Senin, 30 Mei 2011

Bikin Ploting Polynomial di MATLAB


Ceritanya saya disuruh nyari hubungan antara suhu lingkungan sama laju penguapan pake regresi linier dari penelitian saya. Rencananya sih mau dimasukin di pembahasan. Kalo itu mah ga masalah lah, di excel juga bisa. Tapi begitu saya ngadep ke pembimbing dengan membawa hasil regresi liniernya (tentunya dengan sangat pede, maklum mau seminar) ternyata si bapak malah pengennya regresi polynomial. Katanya sih bentuknya lebih ke polynomial. (bentuk kayak apa juga saya bingung). Tapi semuanya diserahkan lagi sama saya, terserah mau pake yang mana, linier apa polynomial, tapi dia nganjurin polynomial. pake MATLAB pula. Berhubung saya dah terlanjur penasaran sama yang mananya polynomial, jadi saya oprak-aprik dah tuh matlab tentunya dengan bantuan Help. Lama muter-muter mikirin syntax ternyata udah ada toolsboxesnya. Lebih mudah dan simpel. Jelasnya begini caranya.

1. Pertama load data yang mau kita plotin (disini saya menggunakan file data.txt), caranya ketik syntax berikut di command window matlab.

load data.txt; % masukin data yang mau kita plotin

x=data (:,1); % x merupakan semua data pada kolom pertama

y=data (:,2); % y merupakan semua data pada kolom kedua

2. Langkah berikutnya kita munculin Curve Fitting Tools. Caranya klik Start (ada di pojok kiri bawah halaman MATLAB) –> Toolboxes –> Curve Fitting –> Curve Fitting Tool (cftool).

3. Kalo udah muncul Curve Fitting Tools kayak gambar dibawah berarti sekarang kita masuk ke tahap entri datanya. Klik menu Data.

4. Isi X data dan Y data dengan variabel yang tadi kita gunakan. Kalo udah klik Create data set terus Close.

5. Nah, sekarang kita tinggal masukin garis regresinya. Caranya klik Fitting. Begitu dah muncul tampilan Fittingnya terus kita klik New fit. Selanjutnya pilih tipe polinomial yang mau kita plotin. Makin tinggi derajatnya maka persamaannya makin ribet, makin pusing juga nanti kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Who lives in fear will never be free man . All Rights Reserved
Home | Contact | Facebook | Twitter | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates