Kamis, 30 Juni 2011

Bikin Paspor

Sekarang bikin paspor dah semakin mudah. Tinggal dateng ke kantor Imigrasi terdekat, ga mesti ke wilayah domisili KTP kalian. Jangan lupa bawa surat-surat kelengkapannya, yaitu: KTP, Ijasah/Akte kelahiran, Kartu Keluarga, kartu tanda mahasiswa (kalo ada). Itu buat gw yang masih mahasiswa. kalo yang dah kerja mesti pake surat keterangan dari tempat kerja, sedangkan yang udah nikah pake buku nikah. Semuanya difotocopy sekali, buat KTP fotocopy pake kertas A4 dan jangan dipotong, biarin aja gede gitu. Aslinya jangan lupa dibawa, soalnya ntar dicek sama petugasnya. Kalo kelengkapannya dah siap, baru dah silahkan menuju kantor imigrasi terdekat. Gw saranin dateng dari pagi, kalo perlu jam setengah 7 dah disana kalo ga mau ngantri seharian.
Pertama-tama begitu sampe di kantor imigrasi kalian akan menghadapi calo. Buat yang emang sibuk banget sampe-sampe ga bisa lagi meluangkan waktu karena menyangkut kelangsungan bangsa ini #lebay silahkan dah pake calo. Carinya ga susah koq, cari aja yang pake pakaian dinas. Tapi hati-hati, masih ada petugas yang jujur (meskipun dikit). Biayanya tentu lebih mahal, untuk satu paspor bisa 600 ribu rupiah. Kalo anda memutuskan untuk pake calo maka silahkan berhenti membaca posting ini. Buat yang sampai saat ini belum berpikiran untuk pake calo, yuk mari kita lanjutkan.
Selanjutnya mengambil nomor untuk pengambilan berkas. silahkan menuju loket pengambilan form, kalo ga tau dimana tempatnya silahkan tanya petugasnya. Siapin uang 10 ribuan buat bayar formnya. Seharusnya sih gratis (tertulis koq di formnya), tapi tetep aja disuruh bayar. Mungkin biar orang ga asal-asalan ngambil kali. Setelah itu silahkan ambil nomer antrian buat ngebalikin form dan penyerahan berkas-berkas. Sambil nunggu dipanggil isi dah tuh form. Gw sarankan jangan pergi-pergian dah, karena kalo kelewat ga ada panggil ulang dan nomer antrian kalian dianggap hangus. Jadi selamat datang besok lagi. Begitu nanti nomer antrian kalian dipanggil cepetan tuh ke depat loket, jangan sampe dianggap lewat. Di loket ntar diperiksain berkas-berkasnya, makanya tadi gw suruh jangan lupa bawa aslinya. Kalo berkas-berkasnya dirasa dah cukup ntar dikasih surat keterangan buat pengambilan foto. Kalo ada yang kurang juga bakal dikasih surat keterangan buat pengambilan foto juga koq, cuma nanti kekurangan berkasnya disuruh bawa pas ngambil foto. Harinya dikasih tau kapan, biasanya sih dua hari setelah pengembalian berkas.
Berikutnya adalah sesi pemotretan. Sekali lagi saya sarankan datanglah dari pagi, pengantrian hari ini bakal lebih berat dari kemarin. Jangan lupa bawa surat yang kemarin dikasih. Masukin tuh surat di loket (loket berapanya lupa saya), tanya aja gih sama petugas. Tunggu nama kalian dipanggil dah. Dari situ ntar disuruh ke kasir buat bayar. Normalnya sih kena 255 ribu untuk satu paspor. kalo udah bayar segeralah masukan bukti pembayaran dari kasir ke tempat foto. Disana ntar dikasih nomer antrian lagi. disini biasanya banyak tindak kecurangan. Jangan heran kalo kalian dikasih nomer gede, nomer kecilnya bisanya dah titipan calo. Toh calonya orang dalem. Kalo dah dapet nomer silahkan tunggu, Sekali lagi saya sarankan jangan ditinggal pulang atau jalan-jalan ke mall, karena kalo kelewat ya itu tadi, ga ada pemanggilan ulang dan sampai jumpa besok lagi. Begitu nomer antrian kalian dipanggil baru dah boleh masuk ruangan. Disana ntar difoto, diambil semua sidik jarinya dan diwawancara. Wawancaranya gampang koq, cuma basa basi aja. “Mau kemana bikin paspor? Mau ngapain?” ya gitu deh. Kalo udah ntar dikasih bukti buat ngambil paspornya. Biasanya sih satu minggu setelahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Who lives in fear will never be free man . All Rights Reserved
Home | Contact | Facebook | Twitter | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates