Kamis, 30 Juni 2011

Install Windows XP pada Netbook HP Mini

Assalamualaikum Wr. Wb.
Ceritanya saya disuruh beli netbook buat ade saya. Karena budgetnya minimalis jadinya bingung mau beli yang kayak gimana. Bisa aja sih beli sembarang merek, tapi saya ga mau. Kalo cepet rusak ya sama aja. Akhirnya pilihan saya jatuh pada HP Mini 110. Harganya masih terjangkau, 2,5 juta rupiah. Untuk lebih irit lagi saya beli yang masih kosong (non-OS). Awalnya tokonya nawarin instalin OS-nya asal nambah 50rb. Berhubung dah biasa install sendiri jadi saya tolak tawarannya.
Sampe dikosan, saya langsung coba install. Karena netbook ga ada DVD roomnya jadi saya minjem dulu sama adik kelas saya. Sebenernya bisa juga install pake flashdisk, tapi saya males bikin bootingannya. Ada yang gampang ngapain beribet-ribet ria. tapi kalo mau tau caranya ntar saya buatin lagi tutorialnya.
Begitu saya install windows xp dengan cara yang biasa saya lakukan ternyata tiba-tiba blue screan. Katanya ada virus dan proses install ga bisa dilanjutkan. Kayaknya harddisknya ga kebaca. Masa gw beli barang rusak, walaupun masih garansi tetep aja males ke counternya. Tau ribet gini mending tadi gw minta installin tokonya. Akhirnya saya coba cari tau masalahnya dimana. Ternyata harddisknya emang ga kebaca, cd installernya ga punya driver untuk hardisknya, jadi perlu ditambahin drivernya.

Yaudah, langsung aja cara installnya.
1. Pertama-tama siapin dulu program-program yang dibutuhin, yaitu nLite, USB Multiboot 10, dan Driver Sata HP(langsung download aja).
2. Intall program nLite-nya, caranya sama kayak install biasa (tinggal next doang).
3. Masukkan CD Installer Windows ke komputer yang ada CD ROM nya. Kalo cuma punya file ISO-nya jalanin pake Daemon Tools. Kalo ga punya programnya download dulu disini.
4. Copy semua isi file dalam CD tersebut, gabungin jadi satu folder.
5. Jalanin program nLite yang diinstall tadi. Klik Next lalu masukan folder tempat tadi kita menyimpan file dari CD installer.
6. Biarin program nLite melakukan proses scaning, tungguin sampai selesai. Kalo sudah selesai hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini. Kalo dah sama kayak gambar di bawah, klik Next.
7. Selanjutnya masuk ke menu Presets, kosongin aja kayak gambar dibawah. Langsung klik Next.

8. Selanjutnya akan tampil menu Task Selection, pilih Drivers dan Bootable Iso. Klik Next.
9. Tinggalkan dulu program nLite, tapi jangan ditutup. Selanjutnya extract file Driver SATA HP yang tadi udah di download dengan double klik. Jalanin kayak install program biasa.
10. Kembali ke nLite. klik insert –> multiple driver folder –> cari folder dimana anda menaruh extract-an Driver SATA HP. Defaultnya bisa ditemukan di C:\swsetup\SP37005.
11. Selanjutnya akan muncul menu PopUp “Strong Mode TextMode Crivers”. Pilih TextMode Drivers. Pilih semua komponen dengan menekan CRTL+A. Kalo sudah klik OK
12. Selanjutnya muncul menu popUp Driver. Langsung klik Next aja.
13. Pilih opsi Yes untuk memulai proses.
13. Langsung klik Next aja.
14. Hampir selesai..pada General Mode pilih Direct Burn. (sebelumnya masukan dulu CD blank ke CD ROM). Isi label sesuka hati kamu. Jika muncul menu popUp lagi, pilih Yes aja. Kalo ga punya CD bikin image ekstension ISO aja. Caranya pada General Mode pilih Create Image. Seletah itu klik Burn.
15. Klik Finish kalo proses burning telah selesai.

Udah, segitu aja tutorialnya. Terimakasih sudah mencoba.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Who lives in fear will never be free man . All Rights Reserved
Home | Contact | Facebook | Twitter | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates